TUGAS SOFTSKILL KE-III
1EB18
PERUSAHAAN MULTI-NASIONAL
Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.
Perusahaan multinasional yang sangat besar memiliki dana yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki pengaruh kuat dalam politik global, karena pengaruh ekonomi mereka yang sangat besar bagai para politisi, dan juga sumber finansial yang sangat berkecukupan untuk relasi masyarakat dan melobi politik.
Karena jangkauan internasional dan mobilitas PMN, wilayah dalam negara, dan negara sendiri, harus berkompetisi agar perusahaan ini dapat menempatkan fasilitas mereka dengan begitu juga pajak pendapatan, lapangan kerja, dan aktivitas eknomi lainnya di wilayah tersebut. Untuk dapat berkompetisi, negara-negara dan distrik politik regional seringkali menawarkan insentif kepada PMN, seperti potongan pajak, bantuan pemerintah atau infrastruktur yang lebih baik atau standar pekerja dan lingkungan yang memadai.
karakteristik perusahaan multinasional
- membentuk afiliasi di luar negeri.
- visi dan strategi yg dimiliki perusahaan bersifat global.
- lebih cenderung memilih kegiatan bisnis tertentu, umumnya manufaktur.
- menempatkan afiliasi di negara-negara maju.
- Acer inc.
- Adidas
- Allianz
- Toshiba
- Toyota
- IBM
- Puma
- Opel
- Shell
- Dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar